Kentut Di Anggap Jorok, Tapi Susah Kentut Juga Ternyata Berbahaya

Kentut Sering Kali Di Anggap Jorok Dan Mengganggu, Tapi Nyatanya
Susah Kentut Juga Ternyata Berbahaya

Kentut Di Anggap Jorok, Tapi Susah Kentut Juga Ternyata Berbahaya

Kentut merupakan suatu hal yang kerap kali di anggap sebagai sesuatu yang jorok. Namun tak disangka-sangka ternyata Susah Kentut juga bisa menjadi suatu pertanda kondisi kesehatan tubuh seseorang.

Seseorang yang mengalamu kesulitan kentut atau bahkan tidak bisa kentut sama sekali mengindikasikan terjadinya berbagai gangguan pencernaan. Dari mulai hanya dari sekadar salah makan sampai mengindikasikan kanker.

Salah satu konsultan saluran cerna RS Cipto Mangunkusumo dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH mengatakan kalau susah kentut bisa terjadi karena adanya gangguan enzim atau ketidak seimbangan flora dalam sistem pencernaan seseorang. Hal ini sendiri sebenarnya bisa diatasi dengan cara memperbaki pola makan atau dengan cara mengkonsumsi suplemen untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda.

Dr Ari juga menjelaskan kalau beberapa jenis makanan memang dapat meningkatkan produksi gas dalam perut. Misalkan saja seperti apel yang berukuran besar, kentang, dan kol. Dengan produksi berlebih ini, maka otomatis akan lebih meningkatkan pengeluaran gas dari dalam tubuh.

Bilamana kentut tidak juga kembali normal, dr Ari menyarankan agar segera berkonsultasi ke dokter terkait masalah yang Anda alami. Menurut beliau sendiri ada beberapa kondisi yang memang akan membutuhkan tindakan medis guna mengatasinya.

Baca juga : Banyak Minum Air Ternyata Dapat Bantu Turunkan Berat Berat Badan

Misalnya seperti pada pasien yang mengalami gangguan sulit kentut atau alami gangguan pencernaan seusai operasi caesar beberapa kali. Hal ini kemungkinan terjadi karena adanya penyempitan usus pasca operasi. Dimana penyempitan ini akan membuat pasien menjadi sulit untuk buang gas, sehingga akan merasa kembung. Dan untuk mengatasi hal ini sendiri tak jarang dokter akan memasukan sebuah pil yang harganya lumayan langsung pada lubang anus penderita.

Adapun kondisi lainnya bisa terjadi karena pasien menderita kanker usus besar. Dimana hal ini akan menyebabkan frekuensi kentutnya kerap kali terganggu. Pada penderita kanker usus juga, biasanya aroma kentut yang keluar akan beraroma sangat busuk hingga akan sangat mengganggu orang di sekelilingnya. Aroma busuk tersebut sendiri muncul sebagai bentuk akibat dari adanya inflamasi pada usus yang harus di tangani secepatnya.

Lihat yang lainnya di kategori Fakta Unik Dunia Kesehatan


Sort by : infoharianku.com

infoharianku.com

Tinggalkan komentar