Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit Yang Kamu Alami

Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit Yang Kamu Alami


Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit Yang Kamu Alami

Kaku dan sakitnya jari tangan memang kerap kali sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Berbagai hal / kegiatan kerap kali terbengkalai hanya karena gangguan jari tangan yang terasa kaku dan sakit ini.

Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit Yang Kamu Alami

Kekakuan jari tangan yang terkadang di sertai dengan rasa sakit ini sendiri dapat disebabkan karena berbagai hal. Dan berikut ini adalah berbagai penyebab dari terjadinya kekakuan pada tangan.

1. Contracture dupuytren

Contracture Dupuytren¬†Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit ke 1 –¬†Contracture dupuytren merupakan suatu kondisi dimana terjadinya gangguan kesehatan persendian. Gangguan yang terjadi sendiri akan menyebabkan penderita mengalami kehilangan kelenturan pada persendian jari tangan.

Penyebab jari tangan kaku dan sakit yang satu ini sendiri adalah penyebab paling umum dari terjadinya kekakuan dan sakit pada jari tangan.

Dalam ilmu medis sendiri, kondisi ini merupakan suatu gangguan fibrosing. Dimana gangguan ini mengakibatkan terjadinya penebalan progresif lambat dan korslet, terutama dari sendi metacarpophalangeal (MCP) atau sendi interphalangeal (PIP) proksima.

Dimana pada intinya gangguan tersebut akan menimbulkan terjadina kekakuan pada jari tangan. Yang selanjutnya dapat di susul dengan jari tangan yang terasa sakit.

Dari sekian banyak kasus yang terjadi, gangguan ini biasanya menyerang bagian ruas jari ke 4 dan ke 5 (jari kelingking atau jari manis).

Contracture dupuytren, penyebab umum jari tangan kaku

Dampak dari gangguan ini sendiri akan membuat jari tangan terasa kaku dan terkadang disertai dengan rasa sakit meskipun agak jarang. Namun gangguan ini akan terus bertambah parah bilamana tidak mendapatkan pengobatan.

Adapun bilamana kondisi sudah cukup parah, maka penderita akan mengalami kondisi jari tangan kaku lebih sering, dengan rasa sakit yang di timbulkan jauh lebih sakit dari pada sebelumnya. Dan bahkan dapat mengakibatkan jari sulit untuk di tekuk atau diluruskan kembali.

2. Trigger Finger

Trigger Finger Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit ke 2 – Trigger Finger sendiri merupakan penyebab umum ke dua dari terjadinya kasus jari tangan kaku yang terkadang di sertai dengan rasa sakit ini. Adapun mengenai penjelasan medis sendiri terkati trigger finger ada kaitannya dengan sebuah bagian pada jari tangan yang sangat penting yang bernama tendon.

Tendon sendiri memiliki sistem sebagaimana katrol. Tendon inilah yang berfungi agar setiap jari tangan bisa di gerakan, di tekuk, di luruskan dsb.

Trigger Finger, penyebab umum ke dua jari tangan kaku dan sakit

Seperti yang Anda lihat pada gambar tersebut pada kasus trigger Finger ini, pembukaan terowongan tersebut mengalami peradangan yang mengakibatkan tendon tidak bisa melewatinya dan terjebak. Dimana hal ini akan menyebabkan jari tangan menjadi sakit dan sulit bahkan tidak bisa di tekuk atau di luruskan kembali.

Bilamana kondisi masih cukup ringan, maka dengan sedikit bantuan pijatan dan minyak urut, jari tangan bisa di gerakan kembali. Namun teknik pijat ini tidaklah bisa mengatasi peradangan yang terjadi pada permulawaan terowongan tersebut. Sehingga tak jarang penderita akan mengalami hal serupa dalam beberapa hari atau minggu berikutnya.

Adapun bilamana hal tersebut terus dibiarkan, maka peradangan yang terjadi dapat semakin parah. Bisa-bisa jari tangan akan benar-benar terkunci kuat, sehingga tangan tidak bisa di tekuk atau diluruskan kembali.

Pengobatan trigger finger yang sudah cukup parah sendiri tak jarang sampai harus dilakukannya operasi guna membebaskannya. Tindakan operasi ini dapat membebaskan tendon kembali, namun bilamana tidak mengkonsumsi obat yang dapat mengatasi peradangan, maka hal serupa bisa terjadi kembali di kemudian hari.

Tindakan operasi sendiri adalah cara instan guna mengatasi jari tangan kaku tidak bisa ditekuk atau diluruskan pada penderita trigger finger yang sudah cukup parah. Dimana penderita kerap kali merasa tersiksa dengan kondisi tersebut.

3. Radang sendi / arthritis

Arthritis Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit Ke 3 – Sebelumnya perlu Anda garis bawahi ! “Kekakuan yang terjadi pada jari tangan tidak selalu berhubungan dngan arthritis, namun arthritis masih tetap merupakan penyebab penting dari terjadinya kekakuan pada jari tangan”.

Arthritis yang kerap menjadi penyebab jari tangan kaku sendiri biasanya terjadi karena rheumathoid arthritis atau karena osteoarthritis.

  • Rheumathoid arthritis

Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit – Rheumathoid arthritis terjadi karena adanya reaksi autoimun (sistem imun secara keliru menyerang sel sehat dalam tubuh) yang menyerang pada bagian persendian kecil seperti jari jari kaki, tangan, dll. Tepatnya gangguan ini menyerang selaput pembungkus cairan sendi atau membran sinovial persendian.

Jari tangan kaku yang terjadi karena rheumathoid arthritis biasanya ditandai dengan jari tangan yang seringkali terasa kaku terutama pada waktu pagi hari.

Perlu Anda pahami lebih dulu, gejala yang di timbulkan dari rheumathoid arthritis ini kerap kali dan pergi / kambuhan. Namun satu hal pasti, rhemathoid tetap terus menyerang Anda. Jadi bilamana masalah jari tangan kaku yang kamu alami sudah dipastikan terjadi karena penyakit ini, maka sebaiknya jangan senang dulu bilamana keadaan sudah membaik tanpa adanya pengobatan apapun.

Rheumathoid arthritis, penyakit yang menyebabkan jari tangan kaku dan sakit

Bilamana kondisi sudah mulai cukup parah, maka penderita juga biasanya akan mulai merasakan gejala lainnya. Misalnya seperti pembengkakan yang menyakitkan dan diikuti dengan demam serta penurunan berat badan.

Bilamana kondisi ini terus saja dibiarkan maka sendi akan mengalami perubahan, muncul benjolan-benjolan dan biasanya sendi akan menjadi bengkok-bengkok bilamana kita melihat jari tangan yang mengalaminya. Selain itu, kondisi ini juga akan mengakibatkan terjadinya erosi tulang bilamana terus dibiarkan.

Dari berbagai kasus yang terjadi, rheumathoid sendiri lebih sering menyerang kaum wanita terutama yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas.

  • Osteoarthritis

Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit – Bilamana rheumathoid arthritis adalah peradangan yang terjadi karena adanya reaksi autoimun, maka osteoarthritis ini adalah peradangan persendian yang terjadi sebagai akibat dari penggunaan persendian.

Berbeda dengan saudaranya, osteoarthritis ini dapat terjadi kapanpun. Osteoarhtritis yang menyerang bagian tangan akan menyebabkan jari tangan terasa kaku dan sakit di tiga bagian jari tangan sekitarnyapun akan mengalami hal serupa secara langsung. Misalnya bilamana kaku dan sakit sendi terjadi pada bagian tengah jari Anda, maka disekitarnyapun akan ikut terasa sakit.

Adapun gejala lain yang dapat terjadi adalah seperti jari tangan menjadi kaku dan sakit, bilamana sudah mulai parah maka akan terjadi pembengkakan, dan muncul benjolan dibagian sendi jari yang bermasalah.

Rasa sakitnya sendiri sewaktu-waktu dapat menghilang, namun bengkak dan benjolan pada bagian sendi tersebut dapat menetap. Dan terkadang pada bagian belakang jari (punggung jari tangan) dapat muncul kista yang cukup menyakitkan.

Kerusakan yang terjadi secara perlahan dapat menyebabkan jari yang mengalami peradangan mengalami pembengkokan ke samping. Dan hal ini akan terus berlanjut kejari yang lain bilamana Anda tidak segera mengkonsumsi obat.

Osteoarthritis, penyakit yang menyebabkan jari tangan kaku dan sakit

Baik rheumathoid arthritis maupun osteoarthritis akan terus merusak persendian bilamana tak segera di obati. Gangguan yang satu ini sendiri akan terus bergerak menyerang persendian kecil yang lainnya terlebih dahulu termasuk menyerang sendi jari kaki. Dan bilamana sudah selesai dengan persendian kecil, maka akan menyerang persendian yang lebih besar (misalnya seperti sendi sikut, bahu, dsb). Maka dari itu arthritis yang sudah parah tak jarang dokter akan lebih memilih tindakan amputasi guna mencegah terjadinya penyebaran kerusakan persendian pada sendi yang lainnya.

4. Pirai / gout atau dampak dari tingginya asam urat

Pirai Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit ke 4 – Pirai merupakan salah satu penyebab radang sendi yang kerap kali menimbulkan rasa kaku, sakit perih dan bengkak. Jari tangan kaku yang terjadi karena pirai ini, bilamana terus dibiarkan bahkan dapat sampai merusak jari penyambung seperti tendon, sendi dan tulang.

Bilamana rheumathoid arthritis lebih sering menyerang wanita, pirai ini lebih sering menyerang kaum pria.

Pirai sendiri disebabkan oleh asam urat berlebih yang berada di aliran darah dan mengendap di bagian persendian. Asam urat ini sendiri dapat mengendap dibagian mana saja, namun pada kasus jari tangan kaku dan sakit ini berarti asam urat mengendap dan membentuk kristal di sekitar persendian tangan atau jari tangan. Dimana krista asam urat ini akan membawa dampak buruk yang besar bagi persendian disekitarnya.

Pirai, kristal asam urat yang menyebabkan jari tangan kaku sakit dan bengkak

5. Penyebab lain jari tangan kaku

Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit ke 5 – Selain karena berbagai penyebab diatas, sebenarnya diabetes atau tinggi kadar gula darah juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami kondisi dimana jari tangan menjadi kaku dan seringkali mengalami kebas.


Sort by : Infoharianku.com

Infoharianku.com

Penyebab Jari Tangan Terasa Kaku Dan Sakit Yang Kamu Alami

Terkait :

  • Obat Jari Tangan Kaku Dan Kesemutan
  • Obat Jari Tangan Kaku Tidak Bisa Ditekuk
  • Obat Apotik Untuk Jari Tangan Kaku
  • Jari Tangan Kaku Dan Bengkak
  • Obat Alami Atasi Jari Kaku
  • Ibu Jari Tangan Sakit Saat Ditekuk
  • Jari Tengah Sakit Dan Kaku
  • Obat Tradisional Sakit Tulang Di Jari Tangan
  • Jari Tangan Kaku Di Pagi Hari
  • Jari Tangan Kaku Dan Sakit Di Malam Hari

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*