Dampak Buruk Dari Keseringan Membunyikan Jari Tangan Dan Leher

Dampak Buruk Dari Keseringan Membunyikan Jari Tangan Dan Leher

Banyaknya pekerjaan yang harus di selesaikan memang kerap kali membuat tubuh kita menjadi pegal-pegal dan capek. Suatu hal yang terbilang lumrah, bilamana pada saat tubuh sedang pegal-pegalnya maka kita membunyikan sendi jari tangan ataupun leher, dsb sampai timbul bunyi “kretek-kretek”. Perasaan lega juga akan dirasakan setelah melakukan hal sederhana tersebut.

Dampak Buruk Dari Keseringan Membunyikan Jari Tangan Dan Leher

Namun dibalik kebiasan sepele tersebut, ternyata bilamana dilakukan keseringan dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Bahkan terkadang hal tersebut dapat berdampak cukup serius dalam jangka waktu panjang.

Maka dari itu sebelum kebiasaan tersebut membuat kamu merasakan dampak buruknya, lebih baik kamu tahu dulu dampak dari seringnya membunyikan sendi jari tangan atau leher.

Sehingga pada saat tubuh dalam keadaan pegal, kaku, sendi terasa sakit, dsb karena pekerjaan yang dijalani setiap hari, Anda lebih mencari solusi lain untuk mengatasinya.

Baca juga : Penyebab Jari Tangan Kaku Dan Sakit Yang Kamu Alami

Berikut ini adalah dampak buruk dari kebiasan sepele karena sering membunyikan sendi jari-jari tangan ataupun leher. Simak ulasannya berikut ini

1. Memicu terjadinya penyakit persendian

Penyakit persendian seperti radang sendi, pengapuran sendi, dsb adalah dampak paling umum yang dapat terjadi karena hal sepele ini. Kebiasaan meregangkan jari-jari tangan atau leher sampai menimbulkan bunyi adalah sebuah kebiasaan yang menyalahi aturan persendian pada umumnya.

Kerusakan tulang rawan pada jari-jari tangan dan leher Anda dapat terjadi karena kebiasaan sederhana tersebut. Pada saat kamu melakukan peregangan sampai menimbulkan bunyi pada sendi, itu dapat di artikan seperti sebuah paksaan pada persendian agar dapat bergerak lagi seperti biasanya.

Suara yang dihasilkannya sendiri merupakan gesekan yang terjadi antar sendi atau tulang rawan. Dan bilamana hal ini terus dilakukan maka tak heran jika kerusakan dapat terjadi. Sehingga tak jarang masih baru usia masih produktif saja sudah mengalami berbagai masalah persendian.

Bilamana kebiasaan sepele ini terus di lakukan, maka tak menutup kemungkinan dalam jangka panjang dapat menyebabkan Anda terkena penyakit persendian yang serius. Misalnya seperti arthrtitis, contracture dupuytren, trigger finger, carval tunal syndrom, dsb. Penyakit tersebut adalah penyakit persendian yang dapat menyerang jari tangan.

Dampak lebih besar akan di dapatkan bilamana peregangan tersebut dilakukan pada bagian leher. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan terjepitnya salah satu syaraf pada leher. Dimana Brian Cassaza, M.D,dari Universitas California Amerika ungkapkan…

“Salah satu syarat terjepit diantara tulang ekor pada leher, maka akan memiliki dampak negatif yang beraneka ragam. Semua itu tergantung dari arah syaraf itu menuju kemana. Akan tetapi umumnya hal tersebut akan berakibat pada bagian tubuh seperti kaki dan tangan menjadi sulit untuk di komando otak. Otak sendiri merupakan bagian terpenting yang berfungsi untuk merespon syaraf di seluruh tubuh. Bila syaraf ini yang terserang, maka seseorang bisa menjadi seperti robot. Tangan, kaki ataupun leher menjadi kaku dan sakit. Hal ini sendiri dikarenakan otak gagal memberi instruksi pada organ-organ tubuh.”

Baca juga : Penyebab Ibu Jari Tangan Sakit Saat Di Tekuk

2. Menimbulkan gangguan fungsional tangan

Disamping memicu atau meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit persendian, kebiasaan meregangkan sendi sampai timbul bunyi kretek-kretek juga diketahui dapat menimbulkan terjadinya kerusakan ligamen dan jaringan lunak dalam jangka panjang.

Tak hanya itu saja, kebiasaan tersebut juga dapat berdampak pada kekuatan pada tangan. Kekuatan pegangan lambat laun akan mulai mengalami penurunan dan akan semakin melemah.

Hal tersebut sendiri adalah dampak dari karena seringnya meregangkan jari-jari tangan sampai timbul bunyi. Hal ini akan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada jari tangan. Dan hal tersebut mengarah pada gangguan fungsional pada tangan. Hal tersebut sendiri sesuai dengan sebuah penelitian yang di terbitkan oleh Annals Of Rheumatic Diseases.

Maka dari itu sebaiknya Anda mulai mencari solusi solusi yang lebih tepat dalam mengatasi rasa pegal,kaku, atau nyeri sendi yang dialami tanpa harus membunyikan sendi jari tangan atau leher.

Salah satu cara yang di rekomendasikan untuk mengatasi masalah seperti nyeri sendi, kaku, pegal, dsb, adalah dengan mengkonsumsi suplemen atau obat herbal untuk persendian. Misalnya saja dengan mengkonsumsi obat herbal Sehat Sendi.


Lihat artikel lainnya di :

https://infoharianku.com/

Tinggalkan komentar